Merawat Hardisk

Selasa, 10 Maret 2009 komentar

Hardisk merupakan komponen yang sangat penting bagi Komputer dan penggunanya, mengapa? karena disinilah tempat tersimpannya data-data mulai dari yang tidak penting sampai yang sangat penting!!! tapi banyak sekali pengguna komputer yang mengabaikan akan kesehatan hardisknya, dan tidak sedikit orang tidak mengetahui akan hal ini, disini saya akan memberikan sedikit tips yang mungkin bisa bermanfaat bagi anda…

berikut beberapa saran saya…
1. Tampilkanlah seluruh file yang dihidden dan diproteksi (optional), dengan langkah ini anda akan dapat mengawasi isi hardisk anda apakan terdapat file file yang mencuringakan seperti virus atau tidak, karena biasanya file file Virus ini dalam bentuk Hidden dan di proteksi… namun dalam hal ini anda perlu berhati karena file file penting milik Xp anda juga akan ditampilkan jadi jangan sampai kehapus ya… Bahaya ^^ makanya langkah ini bersifat optional!

2. Periksalah selalu kesehatan Harddisk (telah dijelaskan pada tips Mengetahui kesehatan harddisk)
3. Check terus kapasitas harddisk anda, saya menyarankan agar setiap partisi jangan terlalu penuh…
4. Pastikan anda memiliki file Backup file file penting anda di partisi yang berbeda…
5. Setiap 1-3 minggu usahakan anda melakukan defragment terhadap setiap aprtisi anda, ini bertujuan agar data anda tersusun rapi. (intensitas melakukan ini tergantung seberapa sering anda menggunakan kompiter anda)

6. Jika anda pengguna laptop Minimalisasilah Goncangan terhadap laptop anda, karena ini akan sangan dikhawatirkan terhadap kondisi fisik Harddisk anda (hardisk sangant sensitif terhadap goresan)

7. Jangan meletakkan laptop diatas kasur, kursi (alas alas yang jika diletakkan laptop maka laptop akan sedikit masuk kedalam) seperti diletakkan diatas busa saat anda menggunakannya.. karena ini akan menghambat sirkulasi udara dari bawah laptop sehingga suhu pada laptop akan sangat tinggi dan dikhawatirkan akan merusak hardisk anda.

8. Gunakanlah stabilizer karena listrik merupakan kebutuhakn yang sangat vital bagi komputer ataupun laptop, jika kualitasnya baik maka ini sudah menjadi niali plus bagi anda, dan juga gunakanlah UPS unutk mencegah hal hal seperti mati lampu, sehingga saat terjadi mati lampu maka komputer anda tidak akan langsung mati dan anda akan punya waktu untuk mematikannya secara normal, karena komputer yang mati akibat putusnya aliran listrik secara tiba tiba akan dapat merusak komponen komponen pada komputer ataupun laptop…!

Jadi intinya Ialah sayangilah komputer dan laptop anda sebagai sebuah soulmate yang selalu menemani anda.. ^^
selamat mencoba…




komentar

Posting Komentar